Uncategorized

S1 Keperawatan Menggelar Kuliah Pakar “Update Penatalaksanaan Keperawatan Dan Pasien Dengan Diabetes Militus”

Prodi S1 Keperawatan ITS PKU Muhammadiyah Surakarta Menggelar Kuliah pakar dengan tema “Update Penatalaksanaan Keperawatan Dan Pasien Dengan Diabetes Militus” pada Sabtu, 12 Juni 2021 dengan nara sumber Tri Hartati APP, SPd, M Epid Ketua HIPPI Yogyakarta dengan dilaksanakan secara online dan diikuti sejumlah 105 mahasiswa.

Yuli Widyastuti, S. Kep., Ns., M. Kep. Ketua Prodi S1 keperawatan Ners ITS PKU Muhammadiyah surakarta menyampaikan bahwa tujuan dari pelaksanaan webinar adalah sebagai berikut, memberikan pengetahuan dan wawasan tentang update penatalaksanaan keperawatan pada pasien dengan diabetes militus dan memberikan  tambahan informasi terkait perawatan pasien diabetes militus.  

Tri Hartati Menyampaikan bahwa diabetes merupakan salah satu penyakit progresif yang memerlukan penanganan lama dan biaya yang besar. Pasien dengan penyakit ini progresif tidak hanya mengalami berbagai masalah fisik seperti nyeri, sesak nafas, penurunan berat badan, gangguan aktivitas, tetapi juga mengalami gangguan psikososial dan spiritual yang memengaruhi kualitas hidup pasien dan keluarganya. Kebutuhan pasien yang memiliki penyakit pada stadium lanjut tidak hanya pada pemenuhan atau pengobatan gejala fisik, tetapi juga membutuhkan dukungan terhadap kebutuhan psikologis, sosial, dan spiritual yang dikenal sebagai perawatan paliatif (Doyle & Donald, 2003).

Asuhan keperawatan merupakan proses praktik keperawatan yang di beri secara langsung kepada klien di pelayanan kesehatan. Menurut Ali (1970) proses keperawatan adalah metode asuhan keperawatan yang ilmiah, sistematis, dinamis, dan terus – menerus serta berkesinambungan dalam rangka pemecahan masalah kesehatan pasien di mulai dari pengkajian, analisis data, diagnosis keperawatan, pelaksanaan, dan penilaian tindakan keperawatan.

Penatalaksanaan (implementasi) proses keperawatan merupakan puncak dari proses keperawatan ini dikarenakan pada proses ini dilakukan tindakan langsung dalam membantu pasien dalam mengatasi masalah yang dideritanya. Salah satunya adalah penatalaksanaan pada pasien yang menderita diabetes mellitus.

Banyak pertanyaan yang muncul dari para peserta diantaranya atas nama sugeng dengan pertanyaan,  

Apakah penderita Diabetes Militus itu selamanya akan ketergantungan injeksi insulin ?

Jawab Tri Hartati APP, SPd, M Epid bahwa

Bahwa Injeksi insulin tidak digunakan selamanya, lama penggunaannya pada setiap orang tentu berbeda tergantung pada perkembangan kondisi masing-masing orang. Oleh karena itu penting untuk melakukan control rutin di pelayanan Kesehatananya Sugeng dengan menanyakan (Humas/TG)

Leave A Comment